Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma

5 Olahan Makanan Khas NTT, Bisa Dijadikan Oleh-oleh Saat Berkunjung

KINDA EASY RECIPES
Minggu, 28 Apr 2024 10:10 WIB

Kupang – Nusa Tenggara Timur atau NTT memiliki berbagai olahan makanan khas yang lezat. Olahan makanan tersebut juga bisa dijadikan untuk oleh-oleh bagi wisatawan.
Apa saja makanan khas yang dimiliki NTT? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Daging Se’i

Jual Pork Sei (Babi Asap) 500gr Ready to Eat | Shopee Indonesia
a. Daya Tarik
Daging Se’i ini merupakan kuliner khas NTT yang sangat populer dan tidak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Kupang. Kepopuleran atas kelezatan makanan khas NTT yang satu ini bahkan menjadi ide bisnis bagi pengusaha-pengusaha di luar NTT. Hal ini membuktikan bahwa cita rasa Daging Se’i ini dicintai oleh masyarakat Indonesia.

b. Cita rasa dan Bahan yang digunakan
Kata Se’i ini sendiri berarti daging yang diiris tipis, metode yang digunakan dalam pembuatan daging se’i adalah dengan metode pengasapan. Yang mana sejatinya metode ini merupakan cara yang dilakukan untuk mengawetkan daging secara tradisional oleh masyarakat lokal.

Pada daging yang digunakan untuk Se’i adalah daging rusa timor, namun demi menjaga populasinya, masyarakat pun menyubtitusikannya dengan daging lain. Selain itu saat ini sudah banyak bisa dijumpai Se’i yang menggunakan daging ayam dan sapi, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Sehingga, cita rasa Se’i pun dapat dinikmati oleh hampir semua kalangan.

Proses pembuatan Se’i secara garis besar adalah daging yang diiris tipis, yang dibumbui dengan garam dan rempah-rempah pilihan, lalu diasap hingga kandungan air pada daging pun hilang. Semakin lama waktu pengasapan, semakin bagus kualitas dan lezat cita rasa yang dihasilkan.

Biasanya, Se’i dinikmati dengan makanan pendamping seperti sambal lu’at dan jagung bose.

Resto di Jogja Ini Tawarkan Olahan Se'i Babi Khas Kupang, Mau Coba?
Resto East Pork di Jogja Tawarkan Se’i Babi Khas Kupang Foto: Foto: Instagram.com/ eastpork.id

2. Jagung Titi

Cara Membuat Jagung Titi, Khas Nusa Tenggara Timur | Gudang IlmuKu
a. Daya tarik

Oleh-oleh berupa cemilan tentunya tidak pernah salah. Salah satunya adalah menjadikan jagung titi menjadi salah satu oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Kupang.

Jagung Titi merupakan cemilan khas Flores, NTT. Flores merupakan salah satu pulau di NTT yang mayoritas makanan tradisionalnya berbahan dasar jagung.

b. Cita rasa dan Bahan yang digunakan

Nama jagung titi berasal dari metode pengolahannya yang melibatkan penjemuran biji jagung yang kemudian dititi di atas batu. Sekilas, penampakan jagung titi terlihat seperti kerupuk emping yang terbuat dari melinjo. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah walaupun tanpa tambahan penyedap lain ataupun garam

3. Kue Jawada

Cicipi Kue Rambut, Camilan Pas untuk Berbuka Puasa dari NTT ...

a. Daya tarik

Kue jawada juga dikenal sebagai kue rambut adalah hidangan istimewa dari Alor di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Menyerupai rambut terbakar dengan warna oranye kecoklatan, kue ini mendapat julukan “kue rambut”.

b. Cita Rasa dan Bahan yang digunakan

Kue jawada ini dibuat melalui proses penggorengan di minyak panas dengan menggunakan cetakan tradisional menggunakan botol yang tutupnya dilubangi.Terbuat dari campuran tepung beras, gula, santan, dan garam.

4. Kopi Flores

Uniknya Karakter Kopi Arabika Flores Bajawa, Kopi dari Timur Indonesia

a. Daya Tarik

Bagi Anda pecinta kopi, pilihan oleh-oleh yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, Flores menyajikan kopi dengan sensasi dan cita rasa yang khas. Terdapat 2 jenis kopi Flores, yakni Kopi Flores Bajawa dan Kopi Flores Manggarai.

b. Cita rasa dan Bahan yang digunakan

Kopi Flores menonjol dengan karakter rasa yang unik, membedakannya dari varietas kopi lain di Indonesia. Memiliki sentuhan manis dengan nuansa kacang-kacangan seperti hazelnut, karamel, dan cokelat.

Dengan tingkat keasaman dan keberatan sedang, kopi Flores menawarkan keseimbangan yang pas dan kesan ringan yang menarik bagi beragam penikmat kopi, membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan banyak orang.

Perbedaan antara 2 jenis kopi Flores dapat dilihat dari segi lokasi penanaman dan cita rasa yang dihasilkan. Perkebunan kopi di Bajawa, Flores, terletak di ketinggian di atas 1300 mdpl, menghasilkan kopi Flores Bajawa dengan rasa manis dan keseimbangan keasaman yang ditambah dengan sentuhan karamel, cokelat, hazelnut, dan aroma herbal serta tembakau.

Sementara itu, kopi Flores Manggarai memiliki biji yang lebih besar dan menawarkan rasa lemon alami yang unik, membedakannya dari kopi Flores Bajawa yang memiliki cita rasa kacang-kacangan dan tembakau.

Kopi BAJAWA | Rumah BUMN

kopi bajawa Foto: KINDA EASY RECIPES

5. Makanan olahan daging

5 Fakta Unik Se'i, Olahan Daging yang jadi Favorit Banyak Orang
a. Daya Tarik
Selain olahan daging berupa Se’i, Kupang terkenal juga dengan beberapa olahan daging lain. Seperti abon sapi, paru sapi kering, dan dendeng sapi.

b. Cita rasa dan bahan yang digunakan
Olahan-olahan daging tersebut memang dapat Anda temukan di daerah lain. Akan tetapi baik abon, paru maupun dendeng khas Kupang, tentunya tidak kalah lezat dibanding yang lain. Selain karena makanan-makanan ini merupakan makanan yang dikeringkan sehingga bisa bertahan lebih lama.

Lokasi:
Untuk mendapatkan atau membeli oleh-oleh tersebut, Anda bisa mengunjungi salah satu toko oleh-oleh terkenal di Kupang yaitu Pusat oleh-oleh NTT Ibu Soekiran.Tempat ini berlokasi di Jalan Mohammad Hatta No 16, Kelurahan Bonipoi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang