4 Cara Olah Daging Wagyu Ala Chef di Resto Jepang, Jangan Asal Olah

Ilustrasi wagyu Jepang A5

KINDA EASY RECIPES  – Daging wagyu belakangan ini menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat karena punya sebaran marbling yang banyak, sehingga terasa empuk dan lembut saat disantap.

Head Chef Central Kitchen di restoran premium bento Hotaru Deli Saukon Faizah mengatakan bahwa cara masak daging wagyu tidak sama dengan daging sapi biasa.

“Wagyu itu terkenalnya sebagai daging mahal, jadi cara masaknya pun harus benar dan tidak asal,” kata Faizah saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Hotaru Deli pada Rabu (31/8/2022).

Faizah mengatakan bila ingin mengolah daging wagyu di rumah, setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan.

1. Diamkan semalam di chiller

Daging wagyu yang masih beku sebaiknya dibiarkan di dalam lemari pendingin semalaman sebelum diolah. Hal ini dilakukan untuk membuang butiran es yang menyelimuti daging. “Jangan diangin-anginkan, biarkan saja di dalam chiller semalaman sebelum diolah,” katanya.

2. Jangan masak pakai api besar

Tekstur daging yang lembut dan sebaran marbling daging yang cukup banyak membutuhkan teknik memasak yang tepat. “Jangan asal masak dagingnya, dia enggak boleh pakai api besar,” kata Faizah. Faizah menyarankan untuk memasak daging wagyu menggunakan api kecil atau medium, baik untuk daging rebus maupun daging bakar.

Ilustrasi daging wagyu.

3. Jangan masak terlalu lama

Faizah mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk memasak daging wagyu terbilang sebentar supaya daging tidak alot. “Proses memasaknya cenderung sebentar, misalnya saat bikin sukiyaki, kalau dagingnya sudah berubah warna, langsung diangkat,” katanya.

4. Tidak perlu dimarinasi

Daging berkualitas baik akan terasa nikmat disantap bahkan tanpa bumbu marinasi sekalipun. Hal ini pun juga berlaku untuk daging wagyu. “Kalau wagyu tidak perlu dimarinasi, langsung olah saja karena dia sudah enak,” pungkas Faizah.